Sunday, June 16, 2024

Kemurahan Hati, Adalah Anugerah

Hari minggu ini gw belajar banyak. Tentang anugerah. Bahwa yang namanya berkat itu, nggak cuma ketika hidup kita jadi makmur dan segala sesuatu dilancarkan. Itu udah jelas memang berkat banget lah ya dan wajar kalau semua manusia maunya mengalami masa2 tersebut sepanjang kehidupannya. Tapi, orang2 yang ketika mereka ga punya lebih dari cukup namun tetap bisa memberi dari kekurangan mereka, yang bisa tetap murah hati ketika kehidupan mereka sendiri pas2an atau bahkan kekurangan, itu adalah orang2 yang dipenuhi oleh anugerah Tuhan. 

Mungkin, mereka memperoleh pencerahan yang luarbiasa, sehingga cahaya kemurahan Tuhan itu tak terbendung menerobos dan membebaskan mereka untuk melakukan perbuatan2 baik yang menyenangkan hati Tuhan, yang dikehendaki Tuhan untuk mereka lakukan.

Karena begitu besarnya anugerah Tuhan, memampukan mereka untuk memberikan dengan sukarela. Itu yang dilakukan oleh masyarakat di Makedonia. Bukan cuma sukarela, mereka bahkan mendesak untuk diberikan kesempatan mengambil bagian dalam memberikan pertolongan. Kemampuan itu melampaui akal dan pikiran manusia sih... Kita kalo berkekurangan pasti mikir banget untuk menyumbangkan sesuatu. Makanya kemampuan untuk dengan sukarela, dengan gampangnya ngasih tanpa memikirkan kesulitan sendiri, ngasih dengan begitu enteng seakan hidup ini ga ada berat2nya, itu bener2 supranatural.

Orang2 yg baik hati, murah hati, mungkin akan lebih mudah kita temukan ketika mereka punya berlebih. Atau, lihat diri kita sendiri aja deh.. Saat melihat begitu banyak masalah di dunia ini, kita bakal berpikir seandainya gw punya duid sekian2 gw bakal nyumbang untuk ini itu dstnya. Kepikiran nggak untuk just do it saat ini juga di saat kita hanya punya sekedarnya saja? Kepikiran nggak untuk setiap bulan sisihkan saja sebagian untuk nyumbang ini dan itu sesuai niat kita tanpa menunggu punya uang berlimpah2? Kalau iya, itu adalah anugerah. Kemampuan untuk melakukan hal itu, bukan berasal dari diri kita sendiri, melainkan berkat dari Tuhan.

Berbahagialah orang yang murah hatinya karena mereka akan memperoleh kemurahan. Diberkatilah orang yang berbelaskasihan, karena mereka akan diberikan belaskasihan. Sungguh diberkati Allah orang yang mengasihani orang lain, karena mereka akan dikasihani Allah. -- Markus 5:7

Renungan kecil saja setelah mendengarkan kotbah minggu ini dari pendeta Ruth (ibadah pagi) dan pendeta Betty (ibadah sore). Ibadah paginya gw nonton streaming live di youtube karena nyokap main kolintang dan nyanyi di PS PKLU (lansia) dan sorenya gw ikut ibadah tatap muka, karena gw bertugas jadi pemandu lagu.



0 comments:

Post a Comment

Dear Readers, di blog ini, semua komentar yang masuk dimoderasi dulu. Jadi, jangan kaget kalau komentarmu 'menghilang', nggak langsung nongol, sebab musti saya baca dulu, renungkan dulu (cieeeh), baru deh boleh nongol di blog. Terima kasih sudah menyempatkan untuk berkomentar. :)