Monday, June 26, 2017

Hanya Ada 2 Macam Tipe Manusia, Pilihan Ada Di Tangan Kita

Percaya nggak percaya, hanya ada dua macam tipe manusia,yaitu:

1. Tipe Yang Tepat. Tipe ini biasanya selalu berusaha keras untuk tidak mengecewakan. Mereka akan melakukan apa yang harus dan bisa mereka lakukan untuk membuat suasana jadi menyenangkan, membahagiakan atau memperbaiki apa yang rusak dan membongkar, merubuhkan, membuang apa yang sudah seharusnya dibuang. Pokoknya mereka pasti melakukan hal yang tepat dan memilih jalan yang juga tepat untuk membantu kita mewujudkan atau mencapai sesuatu.

Ini bukan bicara soal cinta-cintaan saja lho... Walaupun harus disadari bahwa sebetulnya dalam soal itu pun gampang untuk menyadari tipe yang tepat itu yang seperti apa, asal kita mau memperhatikan apa yang dilakukannya dan secara sadar mengevaluasi dia membuat kita merasa bagaimana. Kalau orang itu membuat mood kita jadi lebih baik, membuat suasana  di sekitar kita rasanya lebih ringan dan menyenangkan, selalu berusaha untuk membalas perhatian dengan perhatian, selalu menginginkan apa yang terbaik untuk kita tapi mau menghormati pilihan kita, kayaknya orang semacam itu yang enak untuk masuk dalam tim kita atau kita yang bergabung ke dalam timnya. Kenapa? Karena dia jelas-jelas menginginkan kita dalam hidupnya, bukan untuk dibully, diperalat, dijadikan simpanan yang bisa dipakai kalau lagi mau, dilepeh-lepeh kalau sedang nggak mood, ish...itu sih bajingan ya.. Iya, itu yang bakalan terasa di saat dekat-dekat atau dilengketin sama manusia tipe kedua.

2. Tipe yang tidak tepat. Tipe ini, akan selalu berusaha untuk mengecewakan. Percayalah. Kita pun saat jadi tipe yang ini, punya kecenderungan untuk, nggak mau peduli, nggak mau memperhatikan, kalau bisa menghindar lebih baik menghindar, nggak terlalu perduli apakah orang lain akan sakit hati, sedih atau bahkan bahagia sekalipun, itu bukan urusan kita. Kenapa? Ya itu, karena kita memang nggak tepat untuk orang atau kelompok tersebut.

Lihat saja contoh di negara ini. Kita sama-sama tau kok, penyakit paling mengerikan negara ini adalah: korupsi. Para koruptor itu semacam tikus-tikus pengerat sendi-sendi bangunan negara dan pasti bangunan akan runtuh kalau mereka dibiarkan. Orang yang tepat, sudah pasti akan membasmi para hama yang berbahaya, ya kan? Tapi,orang yang nggak tepat? Silakan saja perhatikan mereka-mereka yang begitu bersemangat membela hama-hama berbahaya itu dan secara sengaja dan sewenang-wenang memang berusaha sekeras mungkin mengecewakan kita.

Bingung kan? Masak sih mereka nggak tau dampaknya bagi negaa ini? Tau lah pastinya. Jadi kenapa mereka ngotot tetap berjibaku mengecewakan rakyat? Sebab mereka adalah orang-orang yang salah, yang tidak tepat berada pada saat ini, dan untuk kebaikan yang sedang ingin kita raih bersama. Mereka orang-orang yang seharusnya, kita singkirkan secepat mungkin, sebab mereka tidak akan berubah. Justru, dengan kevokalan mereka, kita sebetulnya jauh lebih mudah untuk menandai orang-orang yang tidak tepat ini dan menyingkirkan mereka dari kehidupan kita. Ya, seandainya saja semudah itu.

Tapi dalam urusan yang keputusannya sepenuhnya bergantung kepada kita sendiri, sebaiknya memang dipermudah. Jangan menyusahkan diri sendiri. Sayangi diri sendiri, berbaik-hatilah pada diri sendiri, pilih untuk berada bersama-sama orang atau sekelompok orang yang tepat dan jauhi atau tinggalkan orang atau kelompok yang tidak tepat.

No comments:

Post a Comment

Dear Readers, di blog ini, semua komentar yang masuk dimoderasi dulu. Jadi, jangan kaget kalau komentarmu 'menghilang', nggak langsung nongol, sebab musti saya baca dulu, renungkan dulu (cieeeh), baru deh boleh nongol di blog. Terima kasih sudah menyempatkan untuk berkomentar. :)